5 Manfaat Senam Kegel Bagi Pria

5 Manfaat Senam Kegel Bagi Pria



Senam kegel yang dikenalkan oleh Arnold Kegel pada tahun 1948 awalnya diperuntukkan bagi wanita dan bermanfaat untuk mengendalikan kandung kemih. Seiring berjalannnya waktu, senam kegel kini juga bisa dilakukan oleh pria. Marni, konsultan dari Ejaculation Advisor mengatakan, bagi pria senam kegel dapat melatih otot pubococcygeus (PC) yang terletak pada bagian pinggang sehingga Anda dapat menghasilkan fungsi seksual yang lebih baik sekaligus membantu Anda dalam mengontrol kantung kemih. Tidak hanya itu, ternyata senam kegel juga memiliki beberapa manfaat lain bagi pria, seperti:

1. Menjaga kebugaran tubuh

Berlatih senam kegel secara rutin akan membantu kebugaran tubuh pria. Melalui senam kegel otot panggul menjadi terlatih dan menjadi lebih kuat. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih bugar dan sehat setiap harinya. 

2. Mengontrol kantung kemih

Otot panggul yang kuat karena senam kegel secara rutin mencegah terjadinya inkontinensia atau ketidakmampuan mengontrol kandung kemih sehingga menghindarkan Anda dari kebocoran kemih yang membuat Anda selalu merasa ingin buang air kecil.


3. Mencegah ambeien atau wasir

Melalui senam kegel Anda juga bisa menguatkan otot panggul dan mencegah pembuluh darah (vena) pada dubur  melebar yang menjadi penyebab ambeien atau wasir. 

4. Tahan lama saat berhubungan intim

Ternyata, senam kegel juga memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan saat berhubungan intim. Senam kegel melatih otot-otot dasar panggul sehingga membantu menguatkan kemampuan ereksi. Hal ini membuat hubungan intim menjadi lebih baik bersama pasangan.

5. Membantu penyembuhan pascaoperasi

Bila Anda baru saja menjalani operasi pengangkatan kanker prostat, maka senam kegel ini akan membantu penyembuhan pascaoperasi. Senam kegel akan membantu Anda menguatan kembali otot-otot dasar panggul setelah operasi.
Share this article :
+
Previous
Next Post »